Food Safety

Halo semua,
setelah mengenal ketenagakerjaan, paling penting seharusnya kita membahas tentang keamanan pangan atau food safety.

Pasti sesungguhnya kita sebagai mahasiswa teknologi pangan sudah mengetahui pentingnya tentang keamanan pangan, tapi kita sudah benar-benar tahu belum ya tentang peraturannya?

Peraturan tentang keamanan pangan terdapat pada
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA
NO 18 TAHUN 2012
TENTANG PANGAN

Dalam UU ini secara garis besar akan membahas:
1. Sanitasi pangan
2. Pengaturan bahan tambahan pangan
3. Penetapan standar kemasan
4. Jaminan produk bermutu ataupun halal

Berdasarkan UU, sanitasi pangan adalah upaya untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi pangan yang sehat dan higienis yang bebas dari bahaya cemaran biologis, kimia, dan benda lainnya.
Pada sanitasi pangan terdapat hal yang penting diperhatikan:
- Kebersihan peralatan
- Keberadaan air bersih
- Kesehatan dan kebersihan karyawan
- Lokasi industri yang baik
- Fasilitas lainnya untuk menunjang kehigienisan dari produk pangan kita

Pengaturan bahan tambahan pangan akan terdapat pada link ini
Secara garis besar hanya ditekankan bahwa penggunaan bahan tambahan pangan harus merupakan bahan yang aman dikonsumsi, untuk borax, formalin, dan kawan-kawan yang dapat menimbulkan zat karsinogenik tidak diperbolehkan

Selanjutnya untuk pengaturan kemasan dijelaskan bahwa kemasan yang digunakan tidak boleh menyebabkan perubahan baik kimia fisika bagi produk namun dapat menunjang untuk kebaikan produk tersebut, misalnya penggunaan kemasan vakum akan membuat produk menjadi lebih tahan lama.

Untuk jaminan produk bermutu dan halal terdapat pedoman masing-masing yang perlu untuk diajukan ke departemen masng-masing. misalnya untuk halal maka diajukan kepada Majelis Ulama Indonesia untuk ditinjau kesesuaian produk dengan halal yang diizinkan

Terlihat mudah bukan? Namun sesungguhnya masih terdapat ratusan halaman pendukung masing-masing peraturan yang penting untuk kita ketahui, untuk hal tersebut akan dilengkapi di entri-entri selanjutnya ya.

Cheers!

Komentar

Postingan Populer