Taktik Menuju Tujuan

Selamat datang kembali di blog ini!

Hari ini saya akan membahas tentang pentingnya taktik mencapai tujuan.

Dalam kehidupan kita pasti memiliki tujuan masing-masing atau biasa kita sebut life goal, seringkali goal yang ingin kita capai tidak berjalan mulus. Oleh karena itu pentingnya kita harus memahami dan mempunyai beberapa strategi ataupun taktik hingga tujuan kita dapat tercapai (pepatahnya: banyak jalan menuju Roma 😛)

Pertama-tama sebagai makhluk hidup dalam mencapai tujuan kita tidak dapat berdiri sendirian, pasti kita memerlukan aspek-aspek pendukung lainnya sehingga kita dapat menjadi lebih mudah atau lebih cepat mencapai yang kita tuju. Aspek-aspek tersebut antara lain:
- Sumber Daya
- Modal
- Technology
Ketiga aspek ini akan menunjang kita dalam mencapai tujuan, yang kita sebut ASET. iya aset. Aset biasanya selalu berbau dengan harta, bukan? namun aspek-aspek di atas juga dapat kita sebut aset untuk menjamin kita tercapainya tujuan kita.

Contoh kasusnya adalah pembangunan perusahaan makanan. Life goal kita adalah sebagai produsen pangan olahan bergengsi di masa depan. 
Langkah pertama yang kita ambil adalah penentuan sumber daya kita alias bahan bakunya terlebih dahulu. Pemilihan bahan baku sendiri terdapat 2 teori besar:
1. Teori Market Pull yaitu bahan baku yang akan kita olah tidak banyak sehingga butuh alternatif substitusinya namun pasar pembeli atau (demand) nya sudah ada. Dalam hal ini tentu kita akan lebih mudah karena pasarnya telah tersedia hanya kemampuan kita untuk mengembangkan bahan baku tersebut. Kekurangannya adalah kita harus terus bervariasi karena kemungkinan kompetitor akan terus membayangi kita
2. Teori Technology Push yaitu bahan baku yang tersedia melimpah namun tidak tersedih pasarnya. Kekurangannya kita harus berusaha keras agar produk yang kita hasilnya dibutuhkan masyarakat sehingga meningkatkan permintaan (demand). Di sisi lain, kita juga diuntungkan karena belum banyak atau bisa tidak adanya kompetitor di antara produk kita

Apabila telah menentukan sumber daya yang dipilih kita dapat mencapai langkah berikutnya yaitu Modal. Seperti yang kita ketahui dalam pembangunan perusahaan makanan tentunya perlu modal atau harta awal bagi perusahaan kita, persyarakatan pembangunan perusahaan akan lebih dijelaskan pada link ini. 

Selain modal, terdapat pula pengaruh technology yang dapat mencapai tujuan kita membangun perusahaan, tentunya dalam perusahaan pekerjaan yang dilakukan sebagian besar sudah dilakukan oleh mesin, sehingga teknologi penting dalam efisiensi waktu dan energi.

Tentunya setelah menyiapkan semua aspek yang kita butuhkan mencapai tujuan, kita berharap akan mencapai tujuan kita dengan baik. namun tidak menutup kemungkinan bahwa jalan akan berliku-liku, sehingga perlunya taktik bagi kita untuk improvisasi kala terjadinya hambatan tersebut.

Sekian informasi yang dapat saya bagikan kali ini, saya harap teman-teman sudah mulai menentukan tujuan masing-masing, ataupun menyiapkan taktik jitu demi tercapainya tujuan masing-masing.

Cheers!

Komentar

Postingan Populer