Efektif vs Efisien

Halo semua!

Yuk hari ini kita bahas mengenai efektif dan efisien. dua kata ini tentu sudah sering kita dengar baik sehari-hari maupun kita baca dibuku. Namun, tahukah kita perbedaan antara keduanya?

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata efektif adalah sesuatu yang memiliki efek atau pengaruh mujarab atau manjur (dalam konteks obat), membawa hasil atau berhasil, dan mulai berlaku (dalam konteks peraturan). Sedangkan kata efisien diartikan sebagai sesuai atau tepat untuk menghasilkan sesuatu tanpa membuang biaya, waktu, dan tenaga, dapat menjalankan tugas secara cermat dan tepat, bertepat guna, berdaya guna.

Apabila dilihat dari artinya terlihat kedua-duanya dapat digabungkan dengan tujuan mencapai suatu tujuan dengan maksimal namun dengan tidak membuang biaya, waktu, dan tenaga.

Contoh konkret yang dapat menjelaskan penggunaan efektif dan efisien adalah misal pada suatu industri pangan, dengan kecanggihan teknologi aktivitas berbelanja makanan sekarang tidak memerlukan konsumen turun langsung ke penjual untuk membeli namun bisa menggunakan jasa pembelian online produk makanan tersebut. Hal ini dapat dikatakan tindakan yang efektif dan efisien karena tujuan yang tercapai dengan menghemat biaya, waktu, dan tenaga.


Komentar

Postingan Populer