Manajemen Rantai Pasok atau Supply Chain Management

Halo semua pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang manajemen rantai pasok atau supply chain management.

Pada umumnya manajemen rantai pasok sudah diterapkan pada industri-industri besar guna melancarkan proses penjualan produk hingga ke tangan konsumen sehingga kebutuhan konsumen dapat terpenuhi.

Manajemen Rantai Pasok ini diartikan sebagai manajemen yang mengatur segala kegiatan yang terjadi pada perusahaan mulai dari proses pembelian bahan baku, pengolahan, produk jadi, penyimpanan produk, hingga pendistribusian ke gerai toko atau langsung ke konsumen.

Tujuan utama dari manajemen rantai pasok adalah untuk menciptakan daya saing antar sesama penjual produk namun meningkatkan kerjasama kepada mitra-mitra yang berkontribusi dalam proses pengolahan bahan. Peningkatan daya saing ini dapat tercipta dengan peningkatan pelayanan kepada konsumen melalui customer service, dengan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan, diharapkan pelanggan akan loyal terhadap perusahaan.


Gambar di atas menggambarkan proses manajemen rantai pasok secara sederhana. Mitra yang bekerjasama dari mulai supplier, pekerja manufaktur, dan distributor yang bertugas akan menunjang kepuasan konsumen di titik akhirnya.

Komentar

Postingan Populer