Market Pull vs Technology Push

Halo semua!
Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai teori market pull dan technology push yang biasa digunakan dalam dunia entrepreneurship.

Dalam suatu pengembangan produk, penting bagi suatu pengusaha untuk mengetahui kesempatan (opportunity) yang dapat ia gunakan untuk masuk ke dalam pasar. setelah mempunyai kesempatan tersebut maka dapat pula ditentukan strategi yang efektif dan efisien yang dapat dilakukan untuk memberikan hasil yang maksimal bagi pengembangan produknya. Hasil yang maksimal ini dimaksudkan apabila pelanggan dapat menerima produk yang ditawarkan, terdapat respon positif dan permintaan yang tinggi terhadap permintaan produk, dan lain sebagainya.

Strategi yang dapat digunakan terbagi atas dua:
-Market Pull
-Technology Push
Kedua strategi ini akan menentukan apakah produk baru yang ditawarkan akan diterima oleh konsumen dengan baik

Pada strategi market pull digambarkan bahwa pasar yang telah tersedia namun terjadi kekurangan bahan baku sehingga diperlukan bahan baku substitusi untuk menggantikan bahan baku awal agar menghasilkan produk yang sama. Misalnya umumnya proses menggoreng membutuhkan minyak kelapa namun seiring berjalannya waktu, ketersediaan minyak kelapa menjadi kurang dibandingkan permintaannya yang kian meningkat, kebutuhan minyak kelapa ini dapat digantikan oleh minyak kelapa sawit sebagai bahan baku substitusi. Minyak kelapa sawit diartikan sebagai produk baru yang dapat menggantikan minyak kelapa dalam proses menggoreng sehingga konsumen tetap dapat memenuhi kebutuhan memasaknya.

Dilain sisi, strategi technology push digambarkan sebagai strategi produk baru yang belum memiliki pasar, namun ia melihat kesempatan dan mengubah kesempatan tersebut menjadi suatu kebutuhan yang diperlukan oleh masyarakat. Secara tidak langsung jadi memaksakan konsumen untuk lama-kelamaan membutuhkan produknya. Hal ini dicontohkan seperti produk smartphone yang sudah menjadi suatu kebutuhan dalam masyarakat dengan kian berkembangnya teknologi pada zaman ini. Sebetulnya apabila ditelaah lebih dahulu kebutuhan akan telepon genggam tidak begitu berarti, namun pada zaman sekarang, telepon genggam sangat diperlukan. Pada kasus kini, konsep smartphone yang touchscreen atau layar sentuh juga menjadi hal yang penting sehingga konsumen seakan-akan membutuhkan ponsel dengan kebutuhan tersebut. Hal ini disebut strategi technology push.

Demikian pengenalan mengenai teori market pull dan technology push ini, semoga bermanfaat!

Cheers!

Komentar

Postingan Populer