Budaya Makanan - LAPIS LEGIT

Lapis legit adalah kue basah yang diadaptasi dari negara Belanda saat zaman penjajahan. Di Belanda, kue lapis legit disebut Spekkoek atau kue seribu lapis. Lapis legit berbahan dasar tepung terigu, telur, dan mentega. Hasil akhir kue lapis legit akan berwarna kuning kecoklatan dan terdiri minimal 18 lapis pada setiap loyangnya. Kue lapis legit menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia dikarenakan rasanya yang enak dan bahan pembuatannya tidak sulit didapatkan. Namun, pembuatan lapis legit membutuhkan waktu yang cukup lama dan setiap lapisnya perlu dilakukan pemanggangan sehingga butuh kesabaran dalam pembuatannya.

Cara pembuatan kue lapis legit:
1. Pisahkan antara kuning telur dan putih telur sebelum memulai pembuatan
2. Di dalam wadah berbeda, asukkan mentega wysman dan mentega segitiga dan kocok hingga mengembang dan tambahkan susu kental manis, kocok kembali hingga tercampur rata, dan sisihkan.
3. Dalam wadah yang berbeda pula, masukkan 30 butir kuning telur dan gula, kemudian kocok hingga mengembang dan mengental menggunakan mixer. Tambahkan vanili bubuk, kocok kembali hingga mengental dan tercampur rata.
4. Campur tepung terigu dengan susu bubuk dalam wadah yang berbeda, kemudian sisihkan. Tuangkan adonan telur ke dalam adonan mentega, kemudian aduk perlahan-lahan hingga tercampur rata. Tambahkan campuran tepung terigu dan susu bubuk tadi, kemudian aduk kembali hingga tercampur rata.
5. Siapkan loyang yang telah dialasi kertas roti yang telah diolesi mentega. Panaskan oven dan mulailah dengan lapisan pertama. Ambil 1 sendok makan adonan, ratakan dalam loyang, panggang sekitar 15 menit dengan menggunakan api atas dan bawah sampai permukaan kuenya kecoklatan.
6. Keluarkan loyang dari oven, ratakan dan tekan permukaan kue hingga rata permukaannya. Kemudian tuangkan lapisan berikutnya dan ratakan menggunakan spatula. Matikan api bawah, dan panggang kue hingga matang kecoklatan menggunakan api atas. Ulangi sampai adonan kue habis. 
7. Pada saat lapisan terakhir, hidupkan kembali api bawah dan panggan kuenya menggunakan api atas dan bawah hingga matang kecoklatan. Keluarkan loyang dari oven, angkat kuenya, dinginkan, potong-potong, dan kue legit pun sudah siap disajikan.



Komentar

Postingan Populer