Budaya Makanan -LEPET

Image result for lepet

Lepet (Jawa) atau Leupeut (Sunda) adalah sejenis penganan dari beras ketan yang dicampur kacang, dan dimasak dalam santan, kemudian dibungkus daun janur. Makanan ini umumnya ditemukan di Pulau Jawa daerah masakan Jawa dan Sunda. Lepet bertekstur mirip dengan lemper atau lontong namun lebih liat dan lengket. Kelengketan lepet dikarenakan menggunakan beras ketan sehingga cita rasa menjadi gurih karena dicampur santan dan kacang.

Dahulu kala, Sunan Kalijaga memperkenalkan lepet pada masyarakat Jawa lalu membudidayakannya pada saat Lebaran dan seminggu setelah Lebaran. Umumnya pada Lebaran terjadi tradisi sungkeman yang dilambangkan dengan "ngaku lepat" atau mengakui kesalahan kepada keluarga atau teman. Sikap ini mengajarkan pentingnya menghormati orang tua, bersikap rendah hati, dan memohon ampunan pada orang lain.

Lepet diartikan sebagai silep kang rapet.
"Mangga dipun silep ingkang rapet" atau mari kita KUBUR/TUTUP YANG RAPAT. Jadi setelah ngaku lepet, meminta maaf, menutup kesalahan yang sudah dimaafkan, jangan diulang lagi, agar persaudaraan semakin erat seperti lengketnya KETAN DALAM LEPET.

Penggunaan Janur sebagai pembungkus diartikan sebagai bentuk kupat yang segi empat ibarat HATI manusia. Saat orang sudah mengakui kesalahannya maka hatinya seperti KUPAT YANG DIBELAH, pasti isinya putih bersih, hati yang tanpa iri dan dengki.

Cara pembuatan Lepet:
1. Rendam kacang tolo sekitar 2 jam. Kemudian rebus hingga membesar dan matang, lantas tiriskan.
2. Rebus ( santan kental + daun pandan + garam ) hingga mendidih sambil aduk pelan pelan supaya santan tidak pecah.
3. Selanjutnya masukkan beras ketan ke dalam rebusan santan, kecilkan api kompor dan jangan terlalu besar cukup sedang saja. Aduk aduk sebentar.
4. Tunggu sampai santan meresap dengan beras sambil diaduk rata, setelah santan habis meresap lalu angkat.
5. Kemudian masukkan kelapa parut dan juga kacang tolo ke dalamnya, aduk hingga bercampur rata.
6. Bungkus lepet ketan isi kacang tolo seperti lontong nasi
7. Lalu lipat kedua ujungnya dengan tali plastik atau dengan lidi.
8. Rebus lepet ketan isi kacang tolo hingga sekitar 3 jam.
9. Lepet ketan isi kacang tolo siap untuk disajikan.

Komentar

Postingan Populer